BLANTERWISDOM101

pencemaran lingkungan usn

12/10/2016


BAB I

Latar belakang

Lingkungan hidup merupakan sumber penting dalam menjamin kelangsungan dan kelestarian hidup manusia dan organisme lainnya di muka bumi. Semakin hari dari waktu ke waktu terjadi pencemaran dan perusakan lingkungan yang dilakukan oleh manusia melalui aktivitas – aktivitas manusia yang secara tidak langsung menimbulkan dampak yang besar bagi kesehatan dan kelangsungan hidup manusia serta makhluk hidup lainnya.
Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan mahuk hidup termasuk didalamnya manusia dan perilakunya  yang mempengaruhi kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia dan makhluk hidup lainnya
Lingkungan tempat kita hidup sangat mempengaruhi kualitas kehidupan kita. Beberapa komponen yang sangat erat dalam kehidupan kita ialah udara yang kita isap setiap saat dan air yang kita minum setiap hari. Udara dan air yang bersih sangat diperlukan untuk kesehatan sehingga dapat menunjang aktivitas kita untuk berkreaksi dan mengasilkan hal yang positif. Tetapi sebaliknya, bila dua komponen utama tersebut tercemar, maka pencemaran akan menimbulkan perubahan terhadap kualitas kehidupan kita. Kesehatan tubuh mulai menurun, begitu pula daya tahan tubuh terhadap infeksi penyakit.
Semakin kompelkeksnya kehidupan manusia dan perkembnagan teknologi, jenis sampah yang dihasilkan pun juga ikut beragam. Tidak hanya terbatas yang bersifat organik dan anorganik saja, tetapi juga dihasilkan bahan sampah kimia lain sulit diurai secara alami, bahkan yang tergolong bahan berbahaya dan beracun.
Sampah adalah masalah yang tidak pernah tuntas untuk diselesaikan. Sampah dapat membawa dampak yang buruk pada kondisi kesehatan manusia. Bila sampah dibuang secara sembarangan atau ditumpuk tanpa ada pengelolaan yang baik, maka akan menimbulkan berbagai dampak kesehatan yang serius.
Sampah – sampah tersebut semakin hari semakin banyak. Adapun menurut Kusnoputransto, jenis-jenis sampah dibedakan menjadi empat macam, yaitu (Kusnoputransto, 1985)
1.       Berdasarkan zat kimia yang terkandung di dalamnya
a.       Sampah kering/organik, yang tidak dapat mengalami pembusukan secara alami.
Misalnya logam, besi, kaleng, plastik, karet, botol
b.      Sampah basah/anorganik, yang dapat mengalami pembusukan secara alami.
Misalnya sampah dapur, sampah restoran, sisa sayuran, rempah-rempah, atau sisa buah
2.       Berdasarkan dapat atau tidaknya terbakar. Misalnya kertas, plastik,  kaleng, pecahan kaca
3.       Berdasarkan dapat atau tidaknya membusuk. Misalnya sisa makanan, daun-daunan, pelastik, logam.
4.       Berdasarkan kriteria sampah. Misalnya sampah rumah tangga dan sampah industri.
Sampah pada dasrnya merupakan suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber aktivitas manusia maupun alam yang belum memiliki nilai ekonomis.

Secara umum, jenis sampah dapat dibagi dua yaitu sampah organik (sampah basah) dan sampah anorganik (sampah kering). Sampah basah adalah sampah yang berasal dari makhluk hidup, seperti daun-daunan, sampah dapur, dan lain-lain. Sampah ini dapat membusuk/hancur secara alami. Sedangkan dengan sampah kering, seperti kertas, plastik, kaleng, dan sebagaianya. Sampah jenis ini tidak dapat terdegradasi secara alami.

Salah satu sumber Menyebutkan tentang Sampah yaitu :
Pemusnahan sampah
Beberapa cara pemusnahan sampah yang dapat dilakukan secara sederhana sebagai berikut :

a. Penumpukan.
Dengan metode ini, sebenarnya sampah tidak dimusnahkan secara langsung, namun dibiarkan membusuk menjadi bahan organik. Metode penumpukan bersifat murah, sederhana, tetapi menimbulkan resiko karena berjnagkitnya penyakit menular, menyebabkan pencemaran, terutama bau, kotoran dan sumber penyakit dana badan-badan air.

b. Pengkomposan.
Cara pengkomposan merupakan cara sederhana dan dapat menghasilkan pupuk yang mempunyai nilai ekonomi.

c. Pembakaran.
Metode ini dapat dilakuakn hanya untuk sampah yang dapat dibakar habis. Harus diusahakan jauh dari pemukiman untuk menhindari pencemarn asap, bau dan kebakaran.

d. "Sanitary Landfill".
Metode ini hampir sama dengan pemupukan, tetapi cekungan yang telah penuh terisi sampah ditutupi tanah, namun cara ini memerlukan areal khusus yang sangat luas.
Pemanfaatan Sampah
1. Sampah basah : Kompos dan makanan ternak
2. Sampah kering : Dipakai kembali dan daur ulang
3. Sampah kertas : Daur Ulang

Daur ulang
Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan , pemrosesan, pendistribusian dan pembuatan produk/material bekas pakai.
Material yang dapat didaur ulang :
1. Botol Bekas wadah kecap, saos, sirup, creamer dll baik yang putih bening maupun yang berwarna terutama gelas atau kaca yang tebal.
2. Kertas, terutama kertas bekas di kantor, koran, majalah, kardus kecualai kertas yang berlapis minyak.
3. Aluminium bekas wadah minuman ringan, bekas kemasan kue dll.
4. Besi bekas rangka meja, besi rangka beton dll
5. Plastik bekas wadah shampoo, air mineral, jerigen, ember dll
6. Sampah basah dapat diolah menjadi kompos.

Manfaat pengelolaan sampah
1. Mengehemat sumber daya alam
2. Mengehemat Energi
3. Mengurangi uang belanja
4. Menghemat lahan TPA
5. Lingkungan asri (bersih,sehat,nyaman)



Masalah
Keadaan  kampus USN kami melihat gejala yang sangat memprihatinkan di sekitar kampus USN, kampus ini masih ada bertebarannya sampah-sampah. Dari sini kami mempunyai beberapa permasalahan yang ingin kami temukan penyelesaian masalahnya. Permasalahannya diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Bagaiaman keadaan kebersihan di sekitar kampus USN ?
2.      Apa yang menjadi faktor penyebab bertebarannya sampah di sekitar kampus USN?
3.      Bagaimana peranan mahasiswa USN dalam mengatasi sampah di sekitar kampus USN ?

Tujuan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dampak negatif yang ditimbulkan sampah terhadap lingkungan area kampus USN.


BAB II


PEMBAHASAN

A.   Sampah sebagai bahan pencemar lingkungan

Sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menjadi penyebab gangguan dan ketidak seimbangan lingkungan.  Sampah padat yang menumpuk ataupun yang berserakan menimbulkan kesan kotor dan kumuh. sehingga nilai estetika pemukiman dan kawasan di sekitar sampah terlihat sangat rendah.  Bila di musim hujan, sampah padat dapat memicu banjir; maka di saat kemarau sampah akan mudah terbakar.   Kebakaran sampah, selain menyebabkan pencemaran udara juga menjadi ancaman area kampus USN.
Pencemaran lingkungan, Sebagain karena tindakan MAHASISWA di area kampus usn kolaka.
       Sampah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber aktivitas manusia maupun alam yang belum memiliki nilai ekonomis.
       Sampah dari kegiatan perdagangan (area usn)
       Pencemaran adalah masuknya suatu komponen kedalam suatu lingkungan dengan kadar yang melebihi batas normal.
       Pencemaran Lingkungan (Polusi) adalah peristiwa masuknya zat-zat atau komponen lain yang merugikan ke dalam lingkungan.
       Pencemaran fisik adalah yang diakibatkan oleh zat cair, padat, atau gas

     Sampah yang berasal dari tempat-tempat perdagangan seperti supermarket, pusat pertokoan, warung dan sejenisnya yang berserakan di daerah kampus.
Tidak tersedianya fasilitas diarea kampus USN :
  1. Tempat penampungan akhir (TPA)
  2. Tempat penampungan sementara (TPS).
  3. Poster tempat pembuangan sampah.
Tidak ada kegiatan sosialisasi terhadap kesadaran diri dengan lingkungan diarea kampus USN dan kurangnya kesadaraan diri mahasiswa untuk mendaur ulang sampah.


B.   POLUSI
         polusi adalah terjadinya pencemaran lingkungan yang akan mengakibatkan menurunnya kualitas lingkungan dan terganggunya kesehatan serta ketenangan hidup makhluk hidup termasuk manusia. Terjadinya polusi atau pencemaran lingkungan ini umumnya terjadi akibat aktifitas manusia yang berlebihan dan tidak terkontrol yang menyebabkan terjadinya pencemaran tanah, air dan udara. Yang akibatnya akan mengancam kelestarian Lingkungan.
Pencemaran udara

Pembakaran sampah  secara terbuka menimbulkan emisi gas karbondioksida (CO2), karbonmonoksida (CO), nitrogen monoksida (NO), gas sulfur dan partikel-partikel halus di udara yang dapat menyebabkan penyakit pada pernafasan, penyakit kulit, iritasi mata dan sebagainya
 Pencemaran air
Proses pencucian sampah padat oleh air terutama oleh sungai merupakan sumber timbulnya pencemaran air, baik air permukaan maupun air tanah.   Akibatnya, berbagai sumber air yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari (sumur) di daerah pemukima telah terkontaminasi yang mengakibatkan terjadinya penurunan tingkat kesehatan manusia /penduduk.

Pencemaran air tidak hanya akibat proses pencucian sampah padat, tetapi pencemar terbesar justru berasal dari limbah cair yang masih mengandung zat-zat kimia dari berbagai jenis pabrik dan jenis industri lainnya.  Air yang tercemar tidak hanya air permukaan saja, tetapi juga air tanah; sehingga sangat mengganggu dan berbahaya bagi manusia


penyebab banjir
Fisik  sampah  (sampah  padat),  baik  yang  masih  segar  maupun  yang  sudah membusuk; yang terbawa masuk ke got / selokan dan sungai akan menghambat aliran air dan memperdangkal sungai.    Pendangkalan mengakibatkan kapasitas sungai akan berkurang,  sehingga  air  menjadi  tergenang  dan  meluap  menyebabkan  banjir.    Banjir tentunya akan mengakibatkan kerugian secara fisik dan mengancam kehidupan manusia (hanyut / tergenang air).  Tetapi yang paling meresahkan adalah akibat lanjutan dari banjir yang selalu membawa penyakit.

Kesimpulan

Berdasarkan uraian tersebut, beberapa hal dapat disimpulkan sebagai berikut,

Sampah merupakan sumber pencemar lingkungan, sekaligus sebagai sumber penyakit yang mengancam kesehatan manusia.


Saran
 Pengelolaan   sampah,   tidak   harus   dilakukan   dengan   memperbanyak   tempat pembuangan sampah, tetapi akan lebih efektif dengan memanfaatkannya kembali.
Sampah   an-organik   telah   banyak   dimanfaatkan   dengan   mendaur   ulang   dan memanfaatkannya kembali, dan sampah organik juga sangat potensial untuk diolah dan dimanfaatkan kembali.
Jangan  pernah  berfikir  bahwa  yang  akan  anda  lakukan  tidak  ada  artinya;  tetapi lakukanlah semampu anda untuk membuat lingkungan bersih dan sehat karena itu sangat menguntungkan bagi kita semua.

Daftar pustaka
Imran SL Tobing. Dampak sampah terhadap kesehatan lingkungan dan manusia. Fakultas Bilogi Universitas Nasional, Jakarta

vivid riami . Pencemaran lingkungan , universitas indonesia

Mustamir Anwa.  pencemaran lingkungan


 

Share This :
Z

0 komentar